Learning Arabic through OLA (Outdoor Learning Activity) Class VIII Junior High School in Sidoarjo Regency


Pembelajaran Bahasa Arab Melalui OLA (Outdoor Learning Activity) Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Sidoarjo


  • (1)  Widya Khanif Fitriyanto            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2) * Imam Fauji            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

This study aims to determine the preparation, implementation, evaluation and supporting and inhibiting factors of OLA (Outdoor Learning Activity) learning at SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. This research is a narrative research using descriptive qualitative methods. The data collection techniques used were interviews, observations and documentation. The results of this study indicate that learning Arabic through OLA (outdoor learning activity) for class VIII students is very helpful in supporting the lack of learning hours in class and greatly affects the grades of class VIII students at SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. .

References

Imam Burdah, Bahasa Arab Sebagai Bahasa Dunia,(Yogyakarta: Progam Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas maret,2015), Hlm 5.

Jurnal Ilmiah Didaktika. VOL-XII NO 2 Februari 2012. Hlm: 310-311.

Abdul Wahab Rosyidi, Menengok Kembali Kurikulum Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, Jurnal Repository UIN Malang 2012.

Asiah, Siti Mintohari, Penerapan Metode Outdoor Activity Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, (Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya 2014) Hlm:2.

Husamah, Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning, (Jakarta:Prestasi Pustakaraya, 2013) hal 18

Siti Asiah, Mintohari, Penerapan Metode Outdoor Activity Dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal (PGSD VOL 2 NO 3 UNESA: 2014), hlm: 2.

Observasi di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo 28 Juni 2021.

Suhendriyanto, Penerapan Metode Pemeblajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) Dalam Materi Permasalahan Lingkungan Dan Upaya Penanggulangannya Pada Siswa MTS AL-IKHLAS Kuala Mandor B. Jurnal (Prodi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak:2019), hlm: 16.

Musfiqon, Metode Penelitian Pendidikan,(Jakarta:PT. Prestasi Pustaka,2016), Hlm:70.

Wawancara dengan guru bahasa arab kelas VIII senin, 13 desember 2021.

Observasi di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo kamis 9 Desember 2021 pukul 13:00 wib.

Wawancara dengan pak ardhi S.P,d guru bahasa arab pada 9 desember 2021.

Wawancara dengan pak ardhi S.P,ulang kata yang d guru bahasa arab pada 9 desember 2021.

Observasi di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo kamis 9 Desember 2021.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2022-11-28
 
Section
Islamic Education