The Relationship Between Religiosity and Morality of Junior High School Students


Hubungan Antara Religiusitas dengan Moralitas Siswa Sekolah Menengah Pertama


  • (1)  Inna Lailil Karimah            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2) * Ririn Dewanti            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai adat istiadat yang menjunjung tinggi terutama pada moralitas atau etika dalam berperilaku.  Seiring perkembangan zaman terutama pada zaman generasi milenial yang menjadikan menurunnya moral pada siswa. Terutama pada perkembangan anak dikalangan remaja saat ini. Banyak kemungkinn moralitas terhadap anak menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara religiusitas dengan moralitas remaja SMP Muhammadiyah 2 Taman.

References

Undang-undang SISDIKNAS (2013, 14 November). Kompas (on-line). Diaksespadatanggal 15 januari 2017 dari http://www.kompas.co.id/read.php?cnt-.xml.2013.034.97345342564channel-1&mn-idx

Poespoprodjo, W. (1999). Filsafat Moral. Bandung : CV. PustakaGrafika.

Wulandari, Luluk. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Perkembangan Moral Siswa Menengah Atas. Retrieved from http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/21-pengaruh-religiusitas-terhadap-perkembangan-moral-siswa-158-161.pdf

Reza, Iredho Fani. (2013). Hubungan Antara Religiusitas dengan Moralitas pada Remaja Di Madrasah Aliyah (MA). Jurnal Humaniora. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/humanitas/article/view/335

Wulandari, Luluk. (2019). Pengaruh Religiusitas Terhadap Perkembangan Moral Siswa Menengah Atas. Retrieved from http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/21-pengaruh-religiusitas-terhadap-perkembangan-moral-siswa-158-161.pdf

Ancok, D. &Suroso, F.N. (2011). Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem- problem Psikologi.Yogyakarta :PustakaPelajar.

Aridhona, J. Julia. (2017). Hubungan Perilaku Prososal dan Religiusitas dengan Moral pada Remaja. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/perseptual/article/view/2218

Azwar, Saifuddin. 2018. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Sugiyono. (2015). Metode penelitian. Bandung: ALFABETA, CV.

Jalaludin, dkk. (2020). Urgensi Pendidikan Moralitas di Sekolah. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. November 2020

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak&Remaja. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2021-02-28
 
Section
Islamic Education