Islamic Education
DOI: 10.21070/ijis.v12i2.1694

Evaluating the Quality of Al-'Ashri Arabic Textbooks for Class XI: A Comprehensive Assessment


Mengevaluasi Kualitas Buku Ajar Bahasa Arab Al-'Ashri untuk Kelas XI: Sebuah Penilaian Komprehensif

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Arabic Textbook Evaluation Quality Assessment Curriculum Development Language Education Educational Effectiveness

Abstract

This quantitative research aims to assess the quality of the Al-'Ashri Arabic textbooks designed for class XI. Employing descriptive methods, the primary data source is the Al-'Ashri Arabic textbook itself, while secondary sources include relevant academic literature. The sample consists of language teachers, and data is collected through a questionnaire. The study reveals commendable scores across various aspects, with an average percentage of 89.43%. This indicates that the Al-'Ashri Arabic textbook for class XI demonstrates a high level of quality and effectiveness in its content. This research offers valuable insights for educators and curriculum developers in the field of Arabic language education.

Highlight

  • Comprehensive Evaluation: This research provides a comprehensive evaluation of the Al-'Ashri Arabic textbooks, encompassing various aspects, offering a holistic perspective on their quality.

  • Educator Guidance: The study offers valuable guidance to educators and curriculum developers in the field of Arabic language education, aiding them in making informed decisions about instructional materials.

  • Quantitative Analysis: Employing quantitative methods and data analysis, this research brings an objective and data-driven approach to textbook assessment, enhancing its credibility and applicability.

Keyword: Arabic Textbook Evaluation, Quality Assessment, Curriculum Development, Language Education, Educational Effectiveness

 

Pendahuluan

Pembelajaran merupakan sebuah proses yang membutuhkan berbagai sumber untuk mendukung keberhasilan dalam belajar. Sumber belajar (learning resource) merupakan berbagai sumber berasal dari luar pribadi siswa dan dapat mempermudah terjadinya proses belajar [1]. Banyak sumber yang digunaka dalam pembelajaran diantaranya yaitu buku teks. Buku teks yakni buku yang digunakan dalam pembelajaran yang didalamnya berisi subyek, pertanyaan, dan latihan yang teratur [2]. Buku teks merupakan buku yang dijadikan pegangan bagi siswa sebagai media pembelajaran pada jenjang dan bidang studi tertentu [3].

Penggunaan buku teks sebagai sumber belajar yang baik, maka buku teks harus memiliki bentuk penyajian yang menarik siswa [4]. Peran buku teks Bahasa Arab begitu signifikan dalam pembelajaran, mengingat Bahasa Arab menjadi salah satu media komunikasi, dan juga memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, khusunya umat islam[5]. Abdul Aziz Bin Ibrahim Al-Ushailiy menyebutkan dalam bukunya bahwa Bahsa Arab memliki fungsi komunikatif, fungsi sosial karena dengan bahasa manusia bisa berinteraksi secara sosial. Bahasa juga memiliki fungsi sebagai pelestarian budaya, sebagai media dakwah, dan juga sebagai media belajar [6].

Banyak buku teks Bahasa Arab, salahsatunya adalah buku teks Al-‘Ashri kelas XI karya Lutfiyah Alinda dan Luklu’ul Islamiyati. Buku ini merupakan penjabaran dari silabus Bahasa Arab Majelis Dikdasmen Pimpiman Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. Buku ini menjadi salah satu penunjang di Sekolah Menegah Atas. Buku ini disusun dengan merujuk pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur [7].

Menurut Abdurrahman Bin Ibrahim Al-Fauzan buku teks bahasa Arab dikatakan memenuhi standar kelayakan buku jika beberapa komponen buku terpenuhi, yaitu: dari segi tampilan umum sudah layak, buku sudah menyajikan Anashri al-lughah, yaitu: pola kebahasaan kosa kata, dan struktur gramatika. Buku Bahasa Arab juga dinilai baik jika mengembangkan keterampilan berbahasa. Unsur budaya dalam buku Bahasa Arab juga tak kalah penting, dalam menilai buku teks Bahasa Arab menurut Abdurrahman Bin Ibrahim Al-Fauzan juga ditentukan sejauh mana buku tersebut memperhatikan penyajian teks [8].

Berdasrkan wawancara yang peneliti lakukan dengan Bapak Nur Chasan Bashri selaku guru Bahasa Arab kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. “masih ada beberapa aspek dalam buku Al-‘Ashri yang masih belum memenuhi kriteria buku yang layak. Diantaranya kesalahan dalam penulisan seperti tidak sempurna pensyakalan yang menyulitkan siswa serta penyajian huruf pada teks terlau kecil”.

Pada penelitian yamg berjudul “Analisis Buku Bahasa Arab Untuk Siswa Tingkat Madrasah Aliyah Terbitan Kemenag Tahun 2020”. Yang ditulis oleh Meliana Robiatul Mahmudah, pada tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kualitas buku Bahasa Arab tingkat Aliyah terbitan kemenag tahun 2020. Yang digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Arab. ditinjau dari segi kelayakan menurut BSNP. Bahwasanya hasil analisis penulis menyatakan bahwa kelayakan isi buku memiliki hasil yang berbeda kelas XII mempunyai konten isi yang lebih menyeluruh. Untuk penyajian buku memiliki kekurangan dalam jumlah halaman pertema, tidak adanya kamus istilah, pendahuluan, dan catatan pembelajaran. Untuk segi kebahasaan buku ini memiliki kekurangan dalam segi pensyakalan yang tidak sempurna, dan juga pemenggalan kata. Untuk segi kegrafikan yaitu terletak pada standar penulisan judul yang terlampau kecil [9].

Selanjutnya artikel yang berjudul “Anaalisis Buku Teks Al ‘Arabiyah Al Nasyi’in Karya Mahmud Iismail Shini, Dkk.” Yang ditulis oleh Roviin pada tahun 2018. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengetahui pokok bahasan pada buku apakah sudah relevan dan sesuai dengan standar yang benar. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh penulis artikel, bahwasanya buku al ‘Arabiyah li al Nasyi’in adalah buku teks yang digunakan dalam pembelajaran non arab dalam usia 11-17 tahun. Didalam buku ini menyertakan beberapa penguasaan seperti penguasaan berbahasa yang berfokus pada maharah lughawiyah, penguasaan tsaqofiyah, serta penguasaan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan [10].

Begitupun penelitian yang diitulis oleh Febry Ramadani S, pada tahun 2018. Yang berjudul “Analisis Buku Teks Ta’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas XII Karya Syahbana Daulay (Tinjauan Dari Segi Kelayakan Isi, Penyajian, Kebahasaan, dan Kegrafikan)”. Penulis memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan buku tersebut sebagai bahan ajar sesuai dengan standar buku yang dirumuskan oleh BSNP. Penulis memaparkan hasil penelitiannya buku teks ini telah memenuhi kriteria standar pengukuran buku teks yang di rumuskan oleh BSNP [11].

Sedangkan penelitian ini menggunakan instrumen penilaian buku yang dirumuskan oleh Abdurrah Bin Ibrahim Al-Fauzan. Dimana instrumen ini memiliki keunggulan yaitu berhubungan langsung dengan Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur sejauh mana kualitas buku teks Bahasa Arab Al-’Ashri kelas XI. Apakah sudah memenuhi standar buku yang telah ditetapkan Adurrahman Bin Ibrahim Al-Fauzan.

Metode

Jenis penelitian yang dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunkan metode deskriptif. Metode deskriptif ialah sebuah metode yang dipakai untuk melihat gambaran suatu keadaan secara objektif menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penguraian data, hingga pemaparan hasilnya [12]. Sumber data penelitian dapat berupa data primer dan data sekunder. Sumber itu dapat berupa suatu benda, orang, kegiatan, tindakan, dan yang lainnya [13]. Sumber data primer penelitian ini adalah buku Bahasa Arab Al-’Ashri kelas XI. Adapun sumber data sekunder yakni buku dan karya ilmiah yang memuat tentang buku teks Bahasa Arab, dan buku-buku lainnya yang menunjang penelitian ini. Sampel dalam peneilitian ini yaitu guru Bahasa Arab untuk memberikan penilaian.

Teknik pengumpulan data merupakan langkah penelti guna memperoleh data yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Untuk menghasilkan data yang diharapkan dalam penelitian ini, maka dibutuhkan teknik pengumpulan data berupa angket. Angket merupakan daftar pertanyaan yang disiapkan oleh peneliti yang kemudian diberikan kepada responden [14]. Angket instrumen penilaian ini diberikan kepada guru Bahasa Arab yang mengajar di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo denga jumlah empat guru yaitu 1) Ustadz Nur Chasan Bashri, 2) Ustadz Hasanuddin, 3) Ustadz Fuad Syukri Zain, 4) Ustadzah Mariz Hadul Aslamiyah. Dalam Penelitian ini teknik analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif. Analis deskriptif dilakukan untuk mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah diperoleh tanpa bermaksud membuat kesimpulan [15]. Di dalam analisis deskriptif ini perhitungan persentase hasil jawaban masing-masing variabel dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

P = n/N x 100%

Keterangan:

P: Persentase jawabann

n: Nilai yang diperoleh

N: Jumlah maksimum nilai

No Rentang Prsentase Kiteria
1. 85% - 100% Sangat baik
2 68% - 84% Baik
3. 52% - 67% Cukup Baik
4 36% - 51% Cukup
5. 25% - 35% Kurang
6. 18% Sangat Kurang
Table 1.Kriteria skor analisis diskriptif

Hasil dan Pembahasan

Buku Al-‘Ashri kelas XI yang diterbitakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur merupakan buku acuan pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah. Dalam buku Al-‘Ashri ini didalamnya terdapat delapan bab, yaitu 1) Al-Mihnah, 2) Aalatul Muwashalaat, 3) Yaumul‘id, 4) Fii suuqi, 5) Al’uthlah, 6) Fiil Mathaar, 7)Fiil Mahathatil Qithaar, 8) Ruasaau Indonesia. Didalamnya juga menyajiakan mufrodat, hiwar, teks narasi, tarakib, dan juga beberapa soal latihan.

Buku teks Bahasa Arab diharapkan dapat memperlancar pembelajaran Bahasa Arab baik disekolah bersama guru, dirumah dengan bimbingan orang tua ataupun belajar mandiri [16]. Oleh karen itu, diperlukan buku teks Bahasa Arab yang berkwalitas agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut ini hasil dan pembahasan dari 12 aspek yang digunakan dalam menilai buku Bahasa Arab Al-Ashri kelas XI. Aspek tersebut diambil dari instrumen penilaian buku yang dirumuskan oleh Abdurrah Bin Ibrahim Al-Fauzan.

A. Aspek Ketentuan Umum

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
1 Ukuran bukunya sudah sesuai 6 6 5 6 23 24 95,83
2 Jumlah halaman buku sesuai dengan kelasnya 4 6 5 5 20 24 83,33
3 Materi pembelajaran disesuaikan dengan usia siswa 6 6 5 3 20 24 83,33
4 Bahasa buku ini menggunakan Bahasa Arab fushhaa 6 6 6 5 23 24 95,83
5 Buku ini bebas dari kesalahan ketik dan tata bahasa 4 5 4 3 16 24 66,67
6 Buku dilengkapi indeks 1 1 1 1 4 24 16,67
7 Buku dilengkapi kosa kata baru diakhir buku 5 6 6 6 23 24 95,83
8 Gambar dalam buku ini sesuai dengan apa yang dipelajari 6 6 6 4 22 24 91,67
9 Gambarnya jelas, sederhana, menarik, dan sesuai dengan nilai islam 5 6 6 6 23 24 95,83
10 Buku ini mempertimbangkan karakteristik kelompok sasaran siswa 4 5 5 4 18 24 75
11 Isi konten disetiap halaman sudah sesuai 5 6 6 4 21 24 87,50
12 Buku ini merupakan revisi dari buku-buku sebelumnya dalam seri ini 6 5 6 5 22 24 91,67
Nilai yang diperoleh 58 64 61 52 235 288 81,60
Jumlah maksimum nilai 72 72 72 72
Persentase jawaban 80,55556 88,88889 84,72222 72,22222
Nilai rata-rata persentase jawaban 81,60
Table 2.Aspek ketentuan umum

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek ketentuan umum. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 80,6%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 88,9%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 84,7%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 72,2%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 81,60%. Dari jumlah ratarata tersebut bisa disimpulkan bahwa aspek ketentuan umum dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria baik. Dalam ketentuan umum terhadap buku digunakan untuk mengetahui taraf kesesuaian buku dari beberapa kriteria. seperti: jumlah halaman, materi pembelajaran, minimnya kesalahan ketik, penempatan serta tampilan gambar yang menarik, konten isi, serta indeks buku. Dalam buku Al-‘Ashri kelas XI, materi dan konten isi yang disajikan sudah sesuai dengan standar kompetensi dasar Bahasa Arab kelas XI yang berada diawal buku sebelum pembahasan materi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan seksama dan perlu dilakukan perbaikan agar sesuai dengan kriteria buku teks yang baik, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pada hal.25, At-tamriin 5 soal no.2 ada kesalahan ketik pada kata الدّواب . alangkah baiknya dilakukan perbaikan menjadi الدّوابّ , agar saat kata tersebut di susun dan di jadikan sebuah kalimat tetap memilik kedudukan sebagai mafuul bih, dan tetap mempertahankan arti dari kalimat tersebut.
  2. Pada hal. 47, ada kesalahan penulisan pada kalimat تُعْطِيَنِى المَكْتَوْبَ alangkah baiknya dilakukan perbaikan menjadi تُعْطِيْنِى المَكْتُوْبَ . dengan adanya kharakat yang salah maka akan mempengaruhi makna dari tulisan tersebut, oleh karena itu perlu adanya perbaikan.
  3. Pada hal.77, ada gambar yang perlu untuk dihapus, karena tidak sesuai dengan At-tamrin yang ada.
  4. Pada dasarnya indeks buku digunakan untuk mempermudah pembaca menemukan istilah yang berada pada buku. Dalam buku Al-‘Ashri ini belum terdapat indeks buku, alangkah baiknya bisa ditambahkan indeks agara bisa mempermudah pengguna mencari istilah yang sulit dalam buku.

B. Aspek Penyajian Ashwat

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
13 Buku ini mempelajari suara dengan baik 5 5 4 6 20 24 83,33
14 Buku ini membahas suara yang sulit 5 5 3 6 19 24 79,17
15 Membantu menbedakan dan mengidentifikasi suara 6 5 4 6 21 24 87,50
16 Membantu pelafalan 6 5 4 6 21 24 87,50
Nilai yang diperoleh 22 20 15 24 81 96 84,38
Jumlah maksimum nilai 24 24 24 24
Persentase jawaban 91,66667 83,33333 62,5 100
Nilai rata-rata persentase jawaban 84,38
Table 3.Aspek penyajian ashwat

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek penyajian ashwat. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 91,7%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 83,3%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 62,5%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 100%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil nilai rata-ratanya yaitu 84,38%. Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek penyajian ashwat dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria baik. Bahasa merupakan sekumpulan ashwat (suara) yang digunakan orang-orang untuk mengungkapkan keinginan yang dikehendaki [17]. Dalam penyajian ashwat menyajikan beberapa kriteria, seperti: memebahas bunyi yang sulit diucapkan, membedakan suara yang makhrajnya berdekatan, serta membantu pelafalan kosakata yang sulit. Didalam buku Bahasa Arab Al-‘Ashri kelas XI sudah dilengkapi dengan aspek ashwat. Saran untuk penyajian ashwat dalam buku ini bisa di paparkan dengan jelas dan bertahap disetiap bab pembelajaran agar bisa membantu peserta didik dalam membedakan dan memahami pelafalan huruf-huruf hijaiyah.

C. Aspek Penyajian Kosakata Baru

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
17 Jumlah kosakata baru dalam satu pelajaran sudah sesuai 5 6 6 6 23 24 95,83
18 Kosa kata yang disajikan dalam tingkatan yang dapat diterima siswa 6 6 6 6 24 24 100
19 Kosa kata baru diberikan dalam bentuk yang mudah 5 6 5 6 22 24 91,67
20 Kosa kata baru dipilih dalam topik yang sama 6 6 6 6 24 24 100
Nilai yang diperoleh 22 24 23 24 93 96 96,88
Jumlah maksimum nilai 24 24 24 24
Persentase jawaban 91,66667 100 95,83333 100
Nilai rata-rata persentase jawaban 96,88
Table 4.Aspek penyajian kosakata baru

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek penyajian kosakata baru. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 91,7%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 100%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 95,3%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 100%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 96,88%. Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek penyajian kosakata baru dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Pada penyajian kosa kata baru dalam buku Bahas Arab ada beberapa aspek yang harus dilihat. Seperti dari sisi jumlah dan topik kosakata, penyajian kosakata dengan struktur yang jelas. Penyajian kosakata baru merupakan salah satu bagian penting dalam penyusuan buku teks Bahasa Arab. Penyajian kosa kata baru dalam buku Al-‘Ashri kelas XI sudah mememenuhi kriteria standar buku Bahasa Arab. Akan tetapi ada beberapa hal kekeliruan dalam penulisan penyajian kosakata baru dalam buku Al-‘Ashri ini, diantaranya: شايٌّ, فِلٌ, ولَدَ-يُولِدُ. Berikut perbaikannya menjadi شايٌ, فِيلٌ, وَلَدَ-يَلِدُ.

D. Aspek Penyajian Tarkib

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
21 Jumlah tarkib baru dalam satu pelajaran sudah sesuai 6 6 5 5 22 24 91,67
22 Tarkib disajikan dalam tingkatan yang dapat diterima siswa 6 6 5 5 22 24 91,67
23 Memperkenalkan tarkib baru dengan kosa kata yang sudah dikenal 5 5 5 5 20 24 83,33
24 Buku ini mencakup tata bahasa dasar dan struktur bahasa yang tepat 6 5 5 5 21 24 87,5
Nilai yang diperoleh 23 22 20 20 85 96 88,5
Jumlah maksimum nilai 24 24 24 24
Persentase jawaban 95,83333 91,66667 83,33333 83,33333
Nilai rata-rata persentase jawaban 88,5
Table 5.Aspek penyajian tarkib

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek penyajian tarkib. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 95,83%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 91,7%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 83,3%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 83,3%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 88,5%. Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek penyajian tarkib dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Kedudukan tarakib menjadi salah satu pokok pembahasan terkait kedudukan kata dalam struktur kalimat, yang bisa menjaadikan struktur tata bahasa menjadi rapi dan bermakna. Dengan mempelajari tarkib maka akan mempermudah peseerta didik dalaam membaca bahkan dapat menerjemahkan Bahaasa Arab ke Bahasa lainnya [18]. Dalam buku Al-‘Ashri kelas XI ini didalamnya sudah dilengkapi dengan tarkib. Hanya saja ada saran perbaiakan pada buku Al-‘Ashri ini terkait tarkib pada buku ini yaitu pada Bab 1 yang membahas tarkib tentang fi’il, seharusnya bisa diberikan penjelas mengenai pengertian fi’il, serta penjelasan terkait kegunaan fi’il. Bab 2 membahas tarkib tentang fi’il amr, ada baiknya disertai dengan pengertian fi’il amr, kegunaan fi’il amr dan bagaimana ciri dari fi’il amr. Bab 3 membahas tarkib tentang na’at dan man’ut bisa di tambah pengertian terkait apa itu na’at dan apa itu man’ut. Dan 4 membahas tarkib tentang idhofah, ada baiknya dalam tarkib ini ditambah dengan pengertian terkait idhofah, fungsi dan bagaimana ciri dari idofah. Hal tersebut disarkan agar bisa mempermudah peserta didik untuk memahami materi-materi tersebut.

E. Aspek Keterampilan Berbahasa Secara Umum

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
25 Buku ini membahas semua keterampilan dalam berbahasa 6 6 6 6 24 24 100
26 Buku ini memperkenalkan satu keterampilan dalam satu waktu 5 5 5 6 21 24 87,50
27 Buku ini berfokus pada keterampilan mendengarkan 5 4 5 6 20 24 83,33
28 Buku ini berfokus pada keterampilan membaca 5 4 5 6 20 24 83,33
29 Buku ini menyatakan keterampilan umum berbahasa menjadi fokusnya dalam pembelajaran 6 6 5 6 23 24 95,83
Nilai yang diperoleh 27 25 26 30 108 120 90
Jumlah maksimum nilai 30 30 30 30
Persentase jawaban 90 83,33333 86,66667 100
Nilai rata-rata persentase jawaban 90
Table 6.Aspek Keterampilan Berbahsa Secara Umum

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek keterampilan berbahasa. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 90%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 83,33%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 86,7%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 100%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 90%. Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek keterampilan berbahasa dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Sebagian besar bahan ajar Bahasa Arab tentu untuk mengembangkan keterampilan dalam berbahasa. Oleh sebab itu buku teks Bahasa Arab dapat dinilai baik jika didalamnya mengembangkan keempat keterampilan berbahasa secara seimbang. Dalam aspek ini ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi berikut ini, membahas semua keterampilan berbahasa, menjadikan keterampilan ini salah satu fokus dalam pembelajaran, adanya latihan keterampilan bahasa satu persatu secara bertahap. Dalam buku Al-’Ashri kelas XI didalmnya sudah mencakup latihan keterampilan dalam berbahasa secara umum. Oleh sebab itu buku Al-‘Ashri dikatakan layak dari segi aspek keterampilan berbahasa.

F. Aspek Maharah Istma’

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
30 Buku ini berkaitan dengan ketermpilan mendengarkan 6 6 5 5 22 24 91,67
31 Maharah istima’ di proses secara bertahap 6 5 5 5 21 24 87,50
32 Melatih siswa untuk memahami yang dikatan guru dan rekaman 5 5 5 4 19 24 79,17
33 Sifat teks yang didengar dalam setiap unit sudah sesuai 5 5 5 5 20 24 83,33
34 Jumlah latihan yang menyertai setiap teks cukup sesuai 5 6 6 5 22 24 91,67
Nilai yang diperoleh 27 27 26 24 104 120 86,7
Jumlah maksimum nilai 30 30 30 30
Persentase jawaban 90 90 86,66667 80
Nilai rata-rata persentase jawaban 86,7
Table 7.Aspek maharah istima’

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek maharah istima’. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 90%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 90%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 86,67%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 80%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 86,7% Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek maharah istima’ dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Maharah istima’ memiliki peran penting dalam belajar berbahasa, oleh sebab itu maharah istima’ harus dijadikan prioritas utama sebelum mengembangkan maharah lainnya [19]. Penilaian terkaiat aspek maharah istima’ berfokus pada jumlah latihan, dan teks istima’, serta proses pembelajarannya yang dilakukan secara progresif. Inti dari maharah istima’ yaitu kemahiran untuk memahami makna yang didengar secara umum. Dalam buku Bahasa Arab Al-Ashri kelas XI ini didalamnya sudah ada latihan terkait maharah istima’. Saran untuk penyajian latihan maharah istima’ sendiri bisa meletakan link atau barcode didalam buku pembelajaran yang nantinya bisa diakses oleh siswa maupun guru dengan mudah. Hal itu perlu dilakukan karena maharah istima’ merupakan salah satu kunci dalam belajar Bahasa Arab.

G. Aspek Maharah Kalam

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
35 Buku ini membahas tentang keterampilan berbicara 6 6 5 6 23 24 95,83
36 Pemrosesan ucapan dilakukan bertahap 5 6 5 6 22 24 91,67
37 Latihan dilakukan melalui kalimat-kalimat tersendiri yang diukang-ulang oleh siswa 6 6 6 6 24 24 100
38 Pengucapan suara dan kata-kata dipraktekkan 6 6 6 6 24 24 100
39 Latihan dilakukan untuk mengungkapkan topik-topik yang dipelajari siswa 5 6 5 6 22 24 91,67
40 Jenis latihan keterampilan berbicara sudah sesuai 5 6 6 6 23 24 95,83
41 Jumlah latihan keterampilan berbicara sudah cukup 6 6 5 6 23 24 95,83
Nilai yang diperoleh 39 42 38 42 161 168 95,83
Jumlah maksimum nilai 42 42 42 42
Persentase jawaban 92,85714 100 90,47619 100
Nilai rata-rata persentase jawaban 95,83
Table 8.Aspek maharah kalam

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek maharah kalam. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 92,8%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 100%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 90,47%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 100%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 95,83% Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek maharah kalam dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Maharah kalam merupakan salah satu fokus yang ada pada buku teks Bahasa Arab dengan memaparkan materi dengan bentuk hiwar (dialog). Pada aspek ini berfokus pada latihan pengucapan kata-kata atau kalimat yang dilakukan secara bertahap, serta dengan jumlah latiahan berbicara yang sesuai. Adapun pada buku Al-‘Ashri kelas XI ini di semua babnya sudah dilengkapi dengan hiwar. Dan juga didalamnya terdapat latihan tentang hiwar yang dilakukan dan dipraktekan bersama teman.

H. Aspek Maharah Qiraah

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
42 Buku ini membahas tentang keterampilan membaca 5 6 5 6 22 24 91,67
43 Jumlah teks yang dibaca setiap unit sudah sesuai 6 6 5 6 23 24 95,83
44 Sifat teks yang dibacakan disetiap unit sudah sesuai 6 6 5 6 23 24 95,83
45 Jumlah latihan yang menyertai setiap teks yang dibaca sudah sesuia 5 6 6 6 23 24 95,83
46 Latihan membaca tidak termasuk dalam membaca kosa kata baru 5 5 6 6 22 24 91,67
47 Siswa mampu menghubungkan makna yang sesuai dengan simbol tertulis (huruf) 6 6 5 6 23 24 95,83
48 Memungkinkan siswa untuk mengidentifikasi arti kata-kata melalui konteks 5 6 5 6 22 24 91,67
Nilai yang diperoleh 38 41 37 42 158 168 94,05
Jumlah maksimum nilai 42 42 42 42
Persentase jawaban 90,47619 97,61905 88,09524 100
Nilai rata-rata persentase jawaban 94,05
Table 9.Aspek maharah qiro’ah

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek maharah qira’ah. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 90,47%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 97,61%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 88,09%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 100%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 94,05% Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek maharah qira’ah dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Terkait tentang penilaian maharah qiraah minitik beratkan bahwasannya buku teks Bahasa Arab harus menjadikan mahara ini salah satu fokus dalam pembelajaran. Fokus penilaian tentang maharah qiroah yaitu pada jumlah latihannya, jumlah dan sifat teks yang dipaparkan. . Pada buku Al-‘Ashri kelas XI ini sduah dilengkapi dengan teks bacaan di setiap babnya. Dengan jumlah satu teks bacaan disetiap babnya, dan juga teks yang tidak terlalu panjang. Sehingga menjadikan peserta didik tidak jenuh dalam pembelajaran maharah qiroah.

I . Aspek Maharah Kitabah

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
49 Latihan menulis dimulai dengan mekanisme 5 6 5 4 20 24 83,33
50 Jumlah latihan keterampilan menulis sudah cukup 6 6 5 4 21 24 87,5
51 Jenis latihan keterampilan menulis sudah sesuai 6 6 5 4 21 24 87,5
Nilai yang diperoleh 17 18 15 12 62 72 86,1
Jumlah maksimum nilai 18 18 18 18
Persentase jawaban 94,44444 100 83,33333 66,66667
Nilai rata-rata persentase jawaban 86,1
Table 10.Aspek maharah kitabah

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek maharah kitabah. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 94,4%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 100%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 83,3%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 66,7%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 86,1% Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek maharah kitabah dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Maharah kitabah merupakan sebuah prosedur menyalin huruf derngan tulisan dengan jelas tanpa ada keraguan, dan tetap memperhatikan keutuhan kata sesuai kaidah-kaidah penulisan Bahasa Arabyag diakui oleh penutur asli, sehingga akhirnya dapat memberi makna tertentu [20]. Maharah kitabah juga menjadi salasatu fokus dalam pembelajaran Bahasa Arab. Fokus penilaian terkait maharah kitabah yaitu pada latihannya yang dilakukan secara bertahap, penyajian jumlah dan jenis latihan yaang cukup dan sesuai. Adapun dalam buku Al-‘Ashri kelas XI ini didalamnya sudah dilengkapi dengan latihan-latihan terkait mahrarah kitabah. Latihan itu berupa imala’ yang berada disetiap bab pembelajaran.

J. Aspek Budaya

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
52 Buku ini menyajikan budaya Arab dan Islam dengan tepat 5 6 4 4 19 24 79,17
53 Konten budaya sesuai dengan usia peserta didik 5 6 5 4 20 24 83,33
54 Konten budaya sesuai dengan tingkat pembelajaran bahasa 6 6 5 4 21 24 87,5
55 Buku ini memberikan konstribusi unuk pemahaman islam 6 6 5 4 21 24 87,5
56 Buku ini bebas dari pelanggaran budaya islam 5 6 6 4 21 24 87,5
Nilai yang diperoleh 27 30 25 20 102 120 85
Jumlah maksimum nilai 30 30 30 30
Persentase jawaban 90 100 83,33333 66,66667
Nilai rata-rata persentase jawaban 85
Table 11.Aspek budaya

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek budaya. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 90%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 100%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 83,3%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 66,7%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 85% Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek budaya dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Keyakinan, adat istiadat dan tradisi merupakan komponen budaya dalam masyarakat [21]. Bahasa dan budaya merupakan satu kesatuan, oleh karena aspek budaya juga menjadi salaha satu bagian penting dalam buku teks Bahasa Arab. Buku teks Bahasa Arab yang baik merupakan buku yang didalmnya menjadikan aspek budaya Arab Islam sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam komponen bahasanya. Adapun yang dinilai dalam aspek budaya yaitu, adanya budaya Arab dan Islam dengan tepat, konten budaya sesuai dengan usia dan pembelajaran siswa, menyajikan pemahaman Islam, dan terbebas dari pelanggaran budya Islam. Adanya konten budaya dalam buku teks Basa Arab itu sendiri memiliki tujuan untuk memperkuat pemahaman siswa terkait islam. Dalam buku Al-‘Ashri kelas XI didalamnya ada beberapa yang sudah masuk dalam aspek budaya. Seperti adanya budaya islam tentang hari raya umat islam. Saran untuk kedepanya bisa diperbanyak materi terkait budaya islam lainnya, agar peserta didik bisa mempelajarai dan memahami islam dengan baik.

K. Aspek Komponen Teks dalam Buku

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
57 Buku ini dimulai dengann menyajikan teks bacaan pada tahap yang sesuai 5 6 5 6 22 24 91,67
58 Panjangnya hiwar dan teks naratif sesuai dengan tingkatan dan pelajaran 6 6 5 6 23 24 95,83
59 Hiwar dalam buku diambil dari situasi sehari-hari 6 6 6 6 24 24 100
60 Teks dalam buku ini sangat mendidik nilai-nilai islam 5 6 5 6 22 24 91,67
61 Teks dalam buku ini menarik 5 6 5 5 21 24 87,5
Nilai yang diperoleh 27 30 26 29 112 120 93,33
Jumlah maksimum nilai 30 30 30 30
Persentase jawaban 90 100 86,66667 96,66667
Nilai rata-rata persentase jawaban 93,33
Table 12.Aspek komponen teks dalam buku

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek komponen teks dalam buku. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 90%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 100%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 86,67%. Dan untuk responden keempat mendapatkan total persesntase skor sebanyak 96,67%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 93,33% Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek komponen teks dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Penyajian teks dalam buku yang menyangkut segala sesuatu yang dialami oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari akan menjadikan buku teks lebih baik. Untuk mengetahui komponen teks dalam buku ada beberapa butir aspek penilaian yang harus terpenuhi. seperti: panjang pendeknya teks bacaan ataupun hiwar yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, teks dalam buku diambil dari kehidupan sehari-hari, terdapat nilai-nialai islam didalmnya, dan yang terakhir yaitu teks harus menarik. Komponen teks dalam buku Al-‘Ashri kelas XI ini sudah sangat baik. Dengan adanya teks naratif maupun hiwar yang diambil dari kehidupan sehari-hari, dan juga terdapat nilai-nilai islam didalamnya yang mendidik.

L. Aspek Aktivitas Berbahasa, Latihan dan Penilaian

No Item Pertanyaan Responden 1 Responden 2 Responden 3 Responden 4 n N %
62 Jumlah latihan dalam setiap bab sudah sesuai 5 6 6 4 21 24 87,5
63 Latihan komunikas merupakan hal yang biasa dalam buku ini 5 6 5 5 21 24 87,5
64 Latihan menerjemah merupakan hal yang umum dalam buku ini 6 6 5 6 23 24 95,83
65 Kegiatan dan latihan disesuaikan dengan usia siswa 6 6 5 5 22 24 91,67
66 Buku ini memberikan instruksi yang jelas untuk memulai aktifitas 5 6 6 6 23 24 95,83
67 Adanya latihan komunikasi 5 6 5 4 20 24 83,33
68 Diberikan contoh saat melakukan latihan 5 6 6 6 23 24 95,83
69 Buku ini memuat tes prestasi yang cukup banyak 6 6 5 4o 21 24 87,5
70 Buku ini menawarkan berbagai metode evaluasi 6 5 6 5 22 24 91,67
Nilai yang diperoleh 49 53 49 45 196 216 90,74
Jumlah maksimum nilai 54 54 54 54
Persentase jawaban 90,74074 98,14815 90,74074 83,33333
Nilai rata-rata persentase jawaban 90,74
Table 13.Aspek latihan dan penilaian

Tabel diatas merupakan keterangan penjumlahan dari aspek latihan dan penilaian. Dapat dijelaskan bahawa jumlah responden sebanyak 4 guru, responden pertama mendapatakan total persentase skor 90,74%. responden kedua mendapatkan total persentase skor sebanyak 98,15%. Responden ketiga mendapatakan total persentase sebanyak 90,74%. Dan untuk responden keempat mendapatkan persesntase skor sebanyak 83,3%. Dari jumlah persentase seluruh responden tersebut dapat diambil total nilai rata-ratanya yaitu 90,74% Dari persentase skor tersebut bisa disimpulkan bahwa pada aspek latihan dan penilaian dalam buku Al-‘Ashri kelas XI termasuk dalam kriteria sangat baik. Penilaian aktivitas berbahasa dalam sebuah pembelajaran merupakan cara untuk menstimulus peserta didik dalam mengekspresikan ide-ide dan emosi mereka dalam berbahasa asing secara benar dan tepat. Berikut aspek penilaian terkait aktivitas berbahasa,latiahn, dan penilaian: pola latihan komunikatif dan sesuai dengan usia peserta didik. Latihan disetiap babnya sesuai dengan topik. Adanya petunujuk untuk memulai aktivitas berbahasa, latihan dan penilaian. Serta adanya berbagai metode evaluai. Dalam buku Al-‘Ashri kelas XI ini aspek terkait aktivitas berbahasa, latihan dan penilaian sudah memenuhi standar yang baik. Dengan adanya latihan yang sesuai dengan setiap babnya, adanya contoh sebelum melakukan latihan, serta adanya metode evaluasi yang beragam. Adapun saran untuk jumlah latihan disetiap babnya kemungkinan bisa ditambah.

Simpulan

Berdasarkan paparan data di atas terkait penilaian buku tels Bahasa Arab Al-‘Ashri kelas XI maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini sebagai berikut: Buku Bahasa Arab Al-‘Ashri kelas XI yang di terbitkan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur sudah memenuhi standar aspek penilian buku teks. Aspek ketentuan umum, aspek penyajian suara, aspek penyajian kosakata baru, aspek penyajian tarakib, aspek umum keterampilan berbahasa, aspek maharah istima’, aspek maharah kalam, aspek maharah qiroah, aspek maharah kitabah, aspek budaya, aspek komponen teks dalam buku, serta aspek aktivitas berbahasa latihan dan penilaian merupakan aspek penilaian buku teks Bahasa Arab yang dirumuskan oleh Abdurrahman Bin Ibrahim Alfauzan.

Hal ini ditunjukkan pada perolehan skor rata-rata pada aspek ketentuan umum 81,6%, aspek penyajian suara 84,38%, aspek penyajian kosakata baru 96,88%, aspek penyajian tarakib 85,5%, aspek umum keterampilan berbahasa 90%, aspek maharah istima’ 86,7%, aspek maharah kalam 95,83%, aspek maharah qiroah 94,05%, aspek maharah kitabah 86,1%, aspek budaya 85%, aspek komponen teks dalam buku ajar 93,33%, aspek aktivitas berbahasa latihan dan penilaian 90,74% . Dari dua belas aspek terebut secara umum semua komponen aspek memiliki nilai yang sangat baik, kecuali hanya pada salah satu aspek yaitu pada aspek ketetentuan umum dalam poin kelengkapan indeks pada buku yang memiliki nilai sangat kurang. Maka total nilai rata-rata persentase yang diperoleh buku Bahasa Arab Al-’Ashri kelas XI yaitu 89,43%. Dapat disimpulkan dari persentase tersebut maka buku Bahasa Arab Al-’Ashri kelas XI kriteria buku sangat baik.

References