Islamic Education
DOI: 10.21070/ijis.v9i0.1637

Use of Web-Based E-Learning Applications in Arabic Learning at Madrasah Sanawiah, Sidoarjo Regency


Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Web dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Sanawiah Kabupaten Sidoarjo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Indonesia

(*) Corresponding Author

Web-based E-learning Application Learning Arabic

Abstract

This article aims to determine the process of learning Arabic through a web-based E-learning application at MTs NU Durung Bedug Candi Sidoarjo. The research method used by the researcher is a qualitative descriptive approach. The results of the study indicate that, 1. Providing socialization of web-based E-learning applications before learning begins for teachers. 2. use of media in the form of video links, Microsoft word, and assignments that will be included in the web-based E-learning application and sometimes if you don't understand, an online meeting will be held via Gmeet or zoom. 3. Stages of school evaluation conducting PTS and PAS using the CBT system (computer basic test). For the week using a web-based E-learning application by entering questions that have been made by the Arabic language teacher. 4. Students' problems in using this application are from the lack of quotas, students' self-awareness in collecting assignments and lack of facilities.

Pendahuluan

Indonesia sekarang menghadapi wabah yang bisa dibilang sangat baru di dunia kesehatan yaitu covid 19. Menurut WHO pandemi merupakan adanya penyebaran penyakit baru yang telah tersebar di seluruh dunia. Kasus ini diawali di negara Cina tepatnya di kota Wuhan pada akhir tahun 2019 dan menyebar ke Indonesia pada tahun 2020. Dimana seluruh masyarakat merasakan penderitaan virus ini yang berkepanjangan dikarenakan penyakit ini menular. Penyebaran virus ini di Indonesia semakin pesat di seluruh wilayah Indonesia. Virus ini merupakan isu yang menghebohkan di seluruh dunia dan banyak beberapa negara melakukan pencegahan melalui dengan cara lockdown. Dimana masyarakat diwajibkan untuk dirumah saja tidak boleh keluar rumah ketika tidak ada kepentingan.

Bahkan sekolah pun oleh pemerintah juga diliburkan. Peraturan pemerintah mengeluarkan bahwa di dunia pendidikan melakukan pembelajaran secara online. Dengan pembelajaran dilakukan secara online ada harapan dapat menghentikan wabah yang telah menyebar yang bertambah banyak. Hal ini dapat menyebabkan semua kegiatan belajar mengajar masih belum sepenuhnya normal seperti bertatap muka. Tidak memungkiri para peserta didik dan pendidik harus mau beradaptasi dengan keadaan yang baru yaitu belajar dari kejahuan melalui aplikasi E-Learning berbasis web. Ada berbagai macam media diantaranya radio, tape recorder, video, televisi, buku, gambar, website dan internet. dan saat ini media pembelajaran kebanyakan berasal dari media online misalkan website dan internet ataupun youtube, Google meet atau Zoom. ).Berdasarkan kondisi yang dialami di Indonesia saat ini pembelajaran E-learning berbasis web sangat berperan dan sangat penting dalam keberlangsungan pendidikan yang ada di Indonesia sendiri. Tidak dipungkiri pembelajaran E – learning berbasis web sangat membantu para pendidik dalam menyampaikan materi. dengan adanya E – learning mempermudah peserta didik mengakses pelajaran yang telah disampaikan oleh pendidik. dan dapat dikatakan E – learning berbasis web merupakan alternatif pengganti sekolah bertatap muka.Fakta yang ada di Sekolah MTs NU DurungBedug Candi Sidoarjo masih banyak yang tertinggal dalam pembelajaran online ini disebabkan kuota internet yang terbatas, minimnya prasarana yang diberikan oleh orang tua kepada oleh peserta didik dalam pembelajaran online yaitu handphone. Peserta didik juga banyak mendapat kendala dalam memahami yang dipelajari pada saat pembelajaran online tersebut. Dari adanya permasalahan tersebut penulis terispirasi untuk meneliti tentang Penggunaan Aplikasi E – learning berbasis web dalam pambelajaran bahasa arab.

Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan peneliti disini adalah kualitatif pendekatan Deskriptif. Pendekatan Kualitatif merupakan kegiatan pendekatan dan penelusuran agar dapat mengeksplor dan memahami sebuah gejala sentral . Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, WAKA Kurikulum, Guru Bahasa Arab dan Siswa MTs NU Durung Bedug Candi Sidoarjo.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teknik Wawancara, Teknik Observasi dan Teknik Dokumentasi. Dimana Teknik Wawancara digunakan untuk memberikan pertanyaan kepada informan, Teknik Observasi digunakan untuk mengetahui web E-learning apa yang dipakai di MTs NU Durung Bedug Candi Sidoarjo. Teknik Dokumentasi digunakan sebagai bukti gambar atau file.

Hasil dan Pembahasan

A. Persiapan Guru dalam Mengajar Bahasa Arab melalui Aplikasi E-learning berbasis web

Sebelum pembelajaran dimulai harus ada persiapan atau perencaan sebelum mengajar sehingga dapat terlaksana dengan baik dan terstruktur. Perencanaan atau persiapan merupakan menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan sehingga dapat mencapai tujuan. menggunakan aplikasi E-learning berbasis web. E – learning merupakan suatu wadah atau tempat yang menampung penerapan pembelajaran secara online dan bisa diakses dimana saja dan kapan saja. di dalam sekolah MTs NU Durung Bedug Candi sebelum pembelajaran secara online dilakukan perlu mengadakan sosialisasi kepada seluruh guru yang didalamnya terdapat pembinaan penggunaan aplikasi E-learning berbasis web ini. Kemudian menyiapkan bahan ajar seperti RPP, materi yang akan disajikan, absensi, powerpoint untuk mendukung pembelajaran secara online. Web E-learning yang digunakan oleh sekolah MTs NU Durung Bedug Candi Sidoarjo yaitu .

B. Proses Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Aplikasi E-learning berbasis web

Sebelum proses pembelajaran dimulai pendidik membuka di dalam kelas online menggunakan salam kemudian memberikan tugasnya kepada peserta didik di dalam aplikasi E-learning berbasis web. Kemudian pendidik mengabsen melalui aplikasi E-learning berbasis web dengan cara melihat siapa saja yang telah membuka aplikasi E-learning tersebut jika peserta didik tidak membuka aplikasi E-learning berbasis web ini maka pendidik akan mengetahui dan dihitung bahwa tidak masuk kelas online. Proses penggunaan aplikasi E-learning berbasis web dalam pembelajaran bahasa arab di MTs NU Durung Bedug Candi. peserta didik dituntut untuk belajar mandiri dirumah. Dapat dikatakan pendidik menggunakan pendekatan Student Centered Learning dimana pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk belajar lebih aktif, mandiri dan sesuai dengan irama belajar peserta didik masing-masing.kemudian jika masih belum paham dengan materi tersebut peserta didik dapat bertanya dengan guru bahasa arab melalui media WhattsApp. Dan beliau juga lebih memberi materi dengan bantuan media video dan gambar yang digunakan untuk melatih maharah istima’. Maharah istima’ mempunyai artian sebagai kemampuan mendengar, memahami bunyi atau ujaran peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab. Pembelajaran istima’ ini mempunyai untuk menirukan dan merangkum pokok-pokok pikirannya. Kemudian jika peserta didik masih belum memahami maka akan diberikan fasilitas google meet atau zoom agar mendapatkan pemahaman yang lebih dikarenakan di dalam E-learning berbasis web masih belum mempunyai fitur untuk mendukung adanya video secara langsung. Pembelajaran yang menggunakan online atau aplikasi E-learning berbasis web dapat dilakukan dengan Fasilitated E-learning yang digunakan di MTs NU Durung Bedug Candi Sidoarjo dimana kategori ini merupakan kombinasi dari Learner led E-learning dan Instructor-led E-learning. Dapat menggunakan keduanya, jadi untuk materi belajar mandiri dapat menggunakan bentuk yang disampaikan melalui via website, audio, animasi, teks dan video. Kemudian juga didampingi dengan pembelajaran secara komunikatif interaktif yang dapat dilakukan melalui forum diskusi, grup WhattsApp, chatting pribadi.

C. Evaluasi dalam pembelajaran bahasa arab melalui aplikasi E-learning berbasis web

Dalam pembelajaran pasti membutuhkan evaluasi guna untuk mengetahui seberapa pahamkah peserta didik dalam materi yang telah diberikan oleh pendidik. bukan hanya itu, tujuan pembelajaran tercapai apabila ada evaluasi yang berupa tindakan dan kegiatan untuk menilai hasil belajar peserta didik. Evaluasi dalam pembelajaran merupakan penentuan nilai belajar yang telah dilaksakan pembelajaran dengan kegiatan penilaian belajar tersebut.

Dalam tujuan pengajaran, pelaksanaan pengajaran dan evaluasi ini merupakan 3 komponen yang saling berkesinambungan dan tidak dapat dipisihkan. Menurut Ralph Tyler evaluasi merupakan bentuk dalam mengumpulkan data agar dapat menentukan seberapa jauh peserta didik memahami, apakah tujuan pembelajaran itu sudah tercapai dan jika belum tercapai apa kendala sehingga tujuan itu belum tercapai.

Guru bahasa arab di MTs NU Durung Bedug menggunakan pilihan ganda yang terdapat di lks dan soal yang ada di lks kemudian peserta didik akan mengirimkan jawabannya melalui aplikasi E-learning berbasis web tersebut. Kemudian juga menggunakan soal qiuz yang telah disediakan di E-learning berbasis web.

Figure 1.Bentuk Pemberian Soal untuk evaluasi pembelajaran

D. Problematika siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab melalui aplikasi E-learning berbasis web

Kebanyakan siswa MTs NU Durung Bedug merasa kesulitan dalam menerima pembelajaran bahasa aran melalui aplikasi E-learning berbasis web ini. Dan merasa kurang bebas dalam bertanya dan kurang memahami. Karena komunikasi tidak secara langsung membuat salah paham. Dan kebanyakan siswa mengaku sering tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru saat ada jadwal bahasa arab dan itu dilakukan beberapa kali. Kemudian ada beberapa kendala dalam fasilitas yaitu kurangnya kuota yang membuat keterlambatan dalam mengumpulkan tugas dan siswa biasanya mengandalkan hotspot dari keluarganya. Kemudian tidak adanya Handphone yang membuat menghambat pembelajaran bahasa arab melalui aplikasi E-learning berbasis web ini yang mengakibatkan tidak dapat mengikuti pembelajaran secara baik. Dari tidak adanya fasilitas itu maka dapat membuat minat siswa menurun dan tidak ada semangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab melalui aplikasi E-learning berbasis web.

Kesimpulan

Dari penelitian yang berjudul “Penggunaan Aplikasi E-learning berbasis web dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs NU Durung Bedug Candi Sidoarjo” dapat disimpulkan :

  1. Persiapan pembelajaran bahasa arab yang menggunakan aplikasi E-learning berbasis web yaitu pengadaan sosialisasi guru dalam pengoprasian aplikasi E-learning berbasis web dan menyiapkan materi seperti RPP, soal-soal yang digunakan untuk evaluasi.
  2. Proses dalam pembelajaran bahasa arab melalui aplikasi E-learning berbasis web guru hanya memberikan materi kemudian siswa belajar secara mandiri dirumah. Jika tidak faham bisa bertanya kepada guru melalui chat WhatssApp.
  3. Evaluasinya menggunakan soal-soal yang ada di LKS kemudian di upload dalam aplikasi E-learning berbasis web. Dan dapat menggunakan fitur yang ada di aplikasi E-learning yaitu berupa quiz.
  4. Problematika siswa dalam menggunakan aplikasi E-learning berbasis web yaitu kurangnya fasilitas seperti kuota dan tidak mempunyai Handphone pribadi.

References

  1. Y. C. H. Wandra, "wabah corona virus (covid 19)," Inovasi penelitian , p. 1627, 2021.
  2. Aminudin, "Media Pembelajaran Bahasa Arab," Al-munzir , p. 25, 2014.
  3. C. R. Semiawan, Metode Penelitian Kualitatif (jenis karakteristik dan keunggulannya), Jakarta: PT. Grasindo, 2010.
  4. Zukhaira, "Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab," ABDIMAS, p. 63, 2013.
  5. E. Agustina, "Perkembangan Pemanfaatan E-learning di Indonesia," jurnal al - ta'lim , p. 123, 2014.
  6. A. Asse, "model pembelajaran bahasa arab yang terfokus pada siswa," paedagogia, p. 71, 2018.
  7. M. d. Zulkiflih, "Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa arab," Loghat Arabi, p. 25, 2020.
  8. L. Intan Mutia, "Kajian Penerapan E-learning dalam proses pembelajaran di pergutuan tinggi," Lppmunindra , pp. 280-281, 2015.
  9. I. L, "Evaluasi dalam Proses Pembelajaran," Managemen Pendidikan Islam, vol. 9, p. 922, 2019.
  10. U. Ridho, "Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab," An Nabighoh, p. 22, 2018.